"Man Shabara Zhafira"

“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”. [Imam Al-Ghazali]

Sabtu, 01 September 2012

Aarif Lee = Aarif Rahman


Aarif Rahman

Who is he..?? Asal Indonesiakah dia? Bukan, karena Aarif asli kelahiran Hong Kong, 26 Februari 1987. Aarif Rahman (Aarif Lee) adalah seorang aktor dan penyanyi pop asal Hong Kong. Setelah menyanyikan "普通朋友" (bahasa Indonesia: "Teman biasa") di pertemuan, dia ditandatangani oleh Alvin Wang dan Leon Lai dari East Asia Record Production dan menjadi salah satu artis baru pada tahun 2009. Si bungsu dari tiga bersaudara ini berayahkan seorang blasteran Malaysia-Arab-China, sedangkan ibunya, perempuan Hong Kong asli. Ayahnya adalah pengusaha cleaning service yang sukses di Hong Kong.



Karir
Debut Aarif di dunia film sebagai anak sulung pasangan Simon Yam-Sandra Ng dalam melodrama mengharu-biru, Echoes of Rainbow, yang memenangkan banyak piala termasuk Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Aarif sendiri kecipratan rezeki menjadi Best New Performer 2010. Setelah filmnya yang kedua, Frozen, barulah Aarif melejit dipercaya duo sutradara Manfred Wong-Raymond Yip  memerani masa remaja Bruce Lee. Film Bruce Lee My Brother diangkat dari buku laris karya Robert Lee, adik mendiang mahabintang itu.

Pada wawancara via telepon dengan Aarif Lee, aktor tampan blasteran Hongkong, Malaysia, dan Arab, pemeran Bruce Lee muda dalam Bruce Lee, My Brother pada saat ia berada dalam PROGRAM Kungfu Carnival di Celestial Movies  


Film biopik ini menyuguhkan perjalanan hidup Bruce Lee remaja lewat pandangan adik termudanya, Robert. Kisahnya dijabarkan sejak lahir di San Fransisco dan kemudian tumbuh besar di Hongkong bersama keluarga terdekatnya sampai akhirnya memutuskan kembali lagi ke Amerika dengan bekal 100 dolar di kantongnya.
Hadir melalui kaca mata anggota keluarganya, Bruce Lee, My Brother yang disutradarai Raymond Yip mengupas lebih dalam dari kisah dan cerita yang selama ini terhampar di permukaan. Banyak detil perjuangan awal karier Bruce Lee yang sebelumnya tak pernah tersentuh di seri dokumenter lainnya. Mendapat kehormatan memainka peran seorang legenda, Aarif sungguh bahagia.
“Aku rasa setiap orang China pasti mengidolainya. Ia seperti ikon. Aku sendiri menghormatinya sebagai seorang legend. Ini suatu kehormatan besar,” tutur Aarif yang memulai kariernya di industri hiburan sebagai penyanyi.
Yang membuat Aarif lebih bahagia, adik Bruce Lee mengatakan ia sangat mirip dengan sang kakak saat masih muda.
“Aku tersentuh saat mendengarnya. Pernyataan itu membuatku makin semangat dan percaya diri. Aku sangat berterima kasih.”
Ya, Aarif sangat beruntung. Meski kiprahnya di industri film bisa dibilang masih anak bawang -- baru empat film yang dimainkannya, cuma pengalaman yang didapat luar biasa.
“Aku belajar banyak dari sini. Bukan hanya soal bela diri, tapi soal cinta, hidup, dan perjuangan,” tutur pria bertinggi 175 cm ini.


Meski baru menapaki karier sebagai aktor, kualitas Aarif sangat mumpuni. Di debutnya saja, Echoes of the Rainbow (2010), Aarif diganjar Best New Performer di Hongkong Film Awards. Prestasi itu kemudian membawa publik lebih mengenalnya sebagai aktor. Padahal tahun sebelumnya Aarif lebih dulu merilis album bertajuk Starting From Today.


“Sebenarnya sejak usia 16 tahun aku sduah memulai karier sebagai penyanyi dan pencipta lagu. Kalau disuruh memilih salah satu, Aarif pilih akting atau menyanyi?
“Menanyakan itu seperti menanyakan kau suka berenang atau menyetir? Sungguh berbeda. I would say, bagiku musik adalah hasrat dan kecintaan. Sedangkan dunia akting bagiku adalah hal baru yang membuatku tertarik dan penasaran untuk mempelajari lebih dalam,” tegasnya.
Aarif mengaku ia masih sangat haus ilmu dan pengalaman. Tak ada target atau impian spesifik yang ingin dicapainya.
“Aku masih mencari. Masih banyak yang ingin kucoba. Jadi aku tak mau membatasi peran seperti apa yang ingin aku mainkan,” tutur pria yang makin ingin berkunjung ke Indonesia setelah melihat tayangan betapa indahnya Tanah Air kita di National Geographic.
Sosoknya sungguh membuat kagum. Mengingat yang dijalaninya serba baru, termasuk bela diri.
“Aku sama sekali tak bisa dan harus berlatih keras untuk film ini.”
Jadi sekarang sudah master, dong? Ia menjawab sambil tertawa renyah, “Hahaha, tidaklah aku masih pemula.”
Satu hal yang bikin kami makin kagum pada pria yang dilihat sekilas mirip Wang Lee Hom ini, jawaban yang dilontarkannya saat kami menanyakan apa prestasi terbesar yang sudah dicapainya.
“Sejauh ini prestasi terbesarku  adalah tetap berusaha mewujudkan hasrat dan impianku. Banyak orang yang tiba-tiba berubah haluan karena satu dan lain hal, tapi aku tidak. Aku tak merasa berubah dari dulu sampai sekarang. Hasrat bermusik dan akting masih sangat kuat,” pungkasnya.

Sinopsis Bruce lee, My Brother
Ini dia Sinopsis film Bruce lee, My brother yang sudah saya tonton :
Padahal rasanya lebih pas bila diberi tajuk, Bruce Lee My Son, karena diawali dengan riwayat sang ayah, Lee Hoi-chuan, aktor Opera Peking (dimainkan Tony Leung/Liang Chia-hui). Sedangkan ibunya, Grace, diperani mantan bomseks Christy Chung.

Dilahirkan di San Fransisco, 27 November 1940, ibunya yang megap-megap mengucapkan, “Push, push!” disangka oleh perawat menyebut nama anaknya, Bruce. Jadilah ditulis dalam akta kelahirannya, Bruce Lee! Suatu kesalah-pahaman yang membawa berkah.

Sebagai bocah, Bruce yang diberi nama Phoenix oleh neneknya, sudah menyaksikan kekejaman tentara Dai Nippon yang menduduki Hong Kong. Tumbuh menjadi remaja jago menari cha-cha. Bahkan mengajak adiknya, Robert, untuk berduet menari, sampai memenangkan piala kejuaraan.

Sejak kecil sudah biasa berkelahi di jalanan dan bermain film karena sehari-hari bersama kawan-kawannya galang-gulung di studio film. Tapi setelah sempat mengalami patah hati, baru berlatih Wing-chun pada Suhu Yip Man. Berkat ketekunan latihannya, ia memenangkan pertarungan dengan juara tinju Charlie Owen, putera Kepala Polisi Robinson.

Demi menolong sobatnya yang menjadi budak opium, Bruce bentrok dengan sindikat pedagang candu. Itu sebabnya, ayahnya mengirim Bruce berangkat naik kapal ke Amerika Serikat…  

Durasi Bruce Lee My Brother cukup panjang, hampir 150 menit.



Penghargaan
  1. Metro Radio Award 2009 - Artis Baru Terbaik (Penyanyi Pria)
  2. Metro Radio Award 2009 - Penciptaan Cakram Terbaik 《今天開始》
  3. 2009年度叱咤樂壇流行榜 (CRHK 903) - 叱咤樂壇生力軍男歌手金獎 903 Artis Baru Terbaik - Penghargaan Emas
  4. Penghargaan SINA 2009 "Artis Baru Terbaik Paling Favorit" - Penghargaan Emas
  5. IFPI Hong Kong Top Sales Music Awards 2009 - Artis Baru Terbaik
  6. 第十届華語音樂傳媒大獎 (Chinese Music Media Award ke-10) - Artis Kanton Baru Terbaik (Pria)
  7. Hong Kong Film Directors' Guild 2010 - Pemain Baru Terbaik – Penghargaan Perak
  8. Penghargaan Perfilman Hong Kong ke-29 - Artis Baru Terbaik (Echoes of the Rainbow)
  9. Penghargaan Perfilman Hong Kong ke-29 - Lagu Orisinil Terbaik 歲月輕狂》 (Echoes of the Rainbow)


3 komentar:

  1. Hi, i read your blog from time to time and i own a similar
    one and i was just curious if you get a lot of spam remarks?

    If so how do you protect against it, any plugin or anything you can advise?

    I get so much lately it's driving me crazy so any support is very much appreciated.

    Feel free to surf to my blog post - how to get your girlfriend back

    BalasHapus
  2. I am really loving the theme/design of your blog.
    Do you ever run into any web browser compatibility problems?
    A few of my blog readers have complained about my
    site not working correctly in Explorer but looks great in Chrome.

    Do you have any tips to help fix this problem?

    My web site :: stardustfields.net

    BalasHapus
  3. Wow this guy is very.... I'm speechless. Too bad he isn't a indonesian but malay descent but I liked him!

    BalasHapus